Tukang Borongan Pekanbaru

Renovasi rumah dan membangun rumah tentu membutuhkan jasa tukang borongan Pekanbaru. Sistem borongan menjadi pilihan yang bijak bila anda sedang merenovasi rumah dengan pekerjaan yang cukup banyak. Sistem borongan merupakan sistem pembayaran pekerjaan sekaligus secara keseluruhan pekerjaan. Tukang borongan menghitung biaya pekerjaan dengan hitungan satuan meter persegi atau meter kubik.

Tukang borongan terbagi menjadi dua sistem saat mengerjakan sebuah proyek. Pertama borongan bahan dan material dan jasa pekerjaan. Kedua tukang borongan jasa pekerjaan saja sedangkan material si pemilik rumah yang membelinya sendiri.

Bagi anda yang cukup sibuk dengan aktivitas harian maka borongan jasa dan material sekaligus sangat cocok. Anda tidak perlu direpotkan dengan pembelian material bangunan. Cukup berikan desain dan spesifikasi material untuk rumah anda. Maka tukang borongan akan membelikannya. Namun hal penting yang harus anda lakukan adalah mengawasi pekerjaan dari tukang. Tukang borongan cenderung bekerja dengan cepat agar segera selesai sehingga pekerjaannya kurang rapi. Anda harus memberikan pengawasan yang ekstra agar kualitas kerja dari tukang bisa baik.

Untuk jasa tukang borongan sistem jasa saja. Maka sudah tentu anda yang harus membeli bahan material yang diperlukan. Untuk perhitungan upah biasanya tukang akan melihat model dan desain rumah yang akan dibuat. Berdasarkan hal tersebut tukang menentukan upah yang dihargai dengan satuan per meter. Dengan menggunakan jasa tukang borongan sistem upah ini maka anda bisa mengontrol harga bahan dan kualitas bahan. Anda hanya perlu bekerja keras sedikit untuk mencari suplier material yang murah dan berkualitas. Hal yang harus anda ingat adalah jangan sampai tukang kekurangan atau bahkan kehabisan material. Sebab jika material sampai habis sudah dapat dipastikan tukang anda tidak akan bisa bekerja.

Walaupun anda menggunakan jasa tukang borongan upah dan material maupun upah saja. Pengawasan di lapangan tetap harus dilakukan sebaik mungkin. Anda harus memastikan pekerjaan tukang sudah sesuai gambar kerja. Tingkat kerapihan dari hasil kerja juga harus diperhatikan. Oleh karena itu pengawasan menjadi sangat penting dilakukan. Apabila anda cukup sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan kontrol maka gunakanlah jasa pengawas. Beberapa kontraktor ada yang menyediakan jasa pengawas saja.

Bila anda ingin aman maka gunakan sekaligus jasa kontraktor rumah. Saat ini sudah banyak kontraktor rumah dengan harga terjangkau namun memberikan fasilitas seperti kontraktor besar. Para kontraktor ini biasanya telah memiliki pengawas di lapangan. Anda sudah terima bersih mulai dari desain, gambar kerja, pengawasan, pembelian material hingga pengerjaan proyek.

Namun untuk anda yang tetap ingin menggunakan jasa tukang borongan maka harus pandai-pandai dalam memilih. Keliru dalam memilih tukang dapat berakibat fatal bagi rumah. Anda tentu tidak ingin rumah yang anda tinggali dalam waktu lama tidak nyaman ditinggali. Carilah informasi mengenai tukang borongan dari teman anda, tetangga, keluarga dan dari internet. Setelah itu selektiflah dalam memilih. Pastikan tukang tersebut punya portofolio yang bagus.

Salah satu indikator tukang sudah berpengalaman adalah tukang tersebut sangat informatif dan aktif memberikan saran-saran untuk pembangunan rumah anda. Tukang yang kaya akan ide dan saran sudah membuktikan bahwa dia sudah memiliki segudang pengalaman. Untuk membuktikannya mintalah tukang tersebut untuk menunjukkan rumah dan bangunan mana saja yang pernah dikerjakannya. Ceklah hasil kerjanya apakah rapi atau tidak. Setelah anda yakin mulailah untuk berbicara tentang konsep bangunan dan budget yang harus dikeluarkan. Jangan lupa tentukan waktu pengerjaan proyek dan jadwalnya. Pastikan setiap pekerjaan sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.