Tips Tips Memilih Desain Partisi Yang Cocok Dengan Ruang Keluarga Dan Ruang Tamu

Rumah-rumah modern saat ini kebanyakan memiliki  ruang keluarga dan ruang tamu menyatu. Artinya tidak ada sekat permanen atau dinding permanen yang memisahkan. Tetapi bagi kebanyakan orang ruang keluarga dan ruang tamu tetap harus dipisah. Hal ini menyangkut privasi dan kenyamanan sang tuan rumah. Membuat partisi yang semi permanen menjadi solusinya. Di samping biaya yang murah, keindahannya juga diperoleh karena partisi semi permanen memiliki beragam desain. Penambahan partisi pada ruangan anda akan menambah daya tarik orang yang melihatnya dan terkadang juga berfungsi sebagai rak-rak dll.

Partisi ada dua jenis yaitu partisi satu sisi dan partisi dua sisi.

Partisi satu sisi

Partisi satu sisi yaitu partisi yang dapat dilihat dari satu sisi saja. Jadi keindahannya hanya untuk satu ruangan saja. Partisi satu sisi ini biasanya berbentuk rak TV, rak buku, lemari display dan lainnya.

Partisi dua sisi

Partisi dua sisi atau partisi dua muka yaitu partisi yang dapat dilihat dari kedua sisinya jadi orang dapat melihat keindahannya dari dua sisi partisi tersebut. Biasanya partisi dua sisi ini digunakan untuk memisahkan  ruang keluarga dan ruang tamu. Adapun tips dalam memilih partisi  ruang keluarga dan ruang tamu adalah sebagai berikut.

  1. Budget dalam pertimbangan partisi

Budget atau biaya dalam pembuatan partisi. Budgeting dalam prosesnya meliputi desain, pembuatan, pengantaran dan instalasi. Budgetnya mencapai 1-5 juta/ meter. Tergantung dari material, tingkat kesulitan, ukuran dan finishingnya. Namun anda dapat meminimalisir budget dengan mengambil desain gambar dari majalah atau internet. Hal ini akan mengurangi biaya desain. Selain itu dalam penggunaan material juga bisa gunakan yang minim budget. Material bermacam macam seperti kayu solid, mdf, multiple atau plywood. Selain itu finishing juga menjadi pertimbangan. Ada macam-macam jenis finishing maka konsultasikan dengan bijak kepada pihak penjual furnitur agar anda mendapatkan harga yang pas.

  • Material

Material yang digunakan untuk pembuatan furnitur beragam jenisnya. Hal ini dipengaruhi juga oleh tema dari ruangan anda. Anda memiliki selera model minimalis direkomendasi menggunakan material dari bahan dasar kayu, bila anda berselera gaya modern gunakanlah material kaca, sedangkan untuk orang bergaya klasik maka sebaiknya gunakanlah bambu/kayu yang dibentuk seperti batang pohon sehingga terkesan natural.

  • Penetapan Lokasi

Penetapan Lokasi adalah hal penting karena lokasi penempatan yang tepat dapat mempengaruhi keindahan dan kecantikan dari sebuah partisi. Jika ingin hasil yang memuaskan anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Itulah tadi cara-cara dan tips untuk memilih partisi yang cocok di rumah anda. Jika anda masih bingung maka kami dapat membantu anda untuk memberikan solusi kepada anda.

About The Author

Related Posts