Tips Memilih sofa yang Cocok untuk Hunian anda

Sofa menjadi furnitur yang penting di dalam rumah. Selain fungsinya sebagai tempat duduk bagi tamu dan keluarga sofa juga membantu memperindah rumah. Memberikan nilai estetika yang berbeda pada rumah. Namun, dalam hal pemilihan sofa juga tidak asal pilih, anda harus mempertimbangkan beberapa hal sehingga sofa cocok untuk diletakkan dirumah. Berikut dijelaskan tips-tips memilih sofa yang cocok bagi hunian anda.

  • Mempertimbangkan ukuran sofa dan ruangannya

Hal yang pertama harus diperhatikan dalam hal pemilihan sofa adalah kecocokan sofa dengan ruangan yang akan ditempati sofa. Sofa merupakan furnitur yang lumrah diletakkan di keluarga dan ruang tamu. Ukuran ruangan di rumah sangat menentukan dalam pemilihan sofa. Ukuran sofa yang terlalu kecil daripada ruangan akan memberikan kesan ruangan tidak termanfaatkan dengan maksimal. Sebaliknya ukuran sofa yang besar sedangkan ukuran ruangan agak kecil akan membuat rungan terasa sempit. Hal ini menyebabkan orang kurang nyaman. Selain itu, mempertimbangkan ukuran sofa dengan pintu masuk rumah anda juga harus dilakukan. Jangan sampai karena ukuran sofa yang lebih besar daripada ukuran pintu rumah, sofa anda tidak dapat dimasukkan ke dalam rumah.

  • Mempertimbangkan fungsi dari sofa

Sebelum membeli sofa maka anda harus mengetahui untuk apa sofa tersebut digunakan. Jika digunakan untuk menerima tamu dan posisinya diruang tamu maka sofa dengan konsep formal cocok digunakan. Lain halnya jika sofa digunakan untuk tempat bersantai atau ditempatkan diruang keluarga. Maka pilihlah sofa yang empuk dengan lapisan bahan luar yang tidak mudah cepat panas seperti bahan linen atau katun. Sofa bed dan sofa jenis L cocok digunakan di ruang keluarga karena akan memberikan efek nyaman saat digunakan. Jika ruangan anda tidak terlalu besar anda bisa memakai sofa lipat. Sofa lipat memiliki dua fungsi sebagai sofa tempat duduk formal dan bisa digunakan untuk bersantai.

  • Menentukan bahan sofa yang tepat

Dalam memilih bahan sofa juga harus diertimbangkan. Salah satunya adalah pertimbangkan kondisi rumah yang sejuk atau cenderung hangat. Lokasi tempat tinggal anda di daerah yang cuacanya cenderung sejuk atau panas. Hal ini disebabkan ada beberapa bahan sofa yang apabila didudukan dalam waktu cukup lama akan terasa panas dan membuat kita tidak nyaman. Maka pandai pandailah anda memilih lapisan atas sofa agar nyaman untuk di duduki.

About The Author

Related Posts