Tempat Buat Lemari Kantor Pekanbaru

Sumber: Pinterst

Kantor menjadi tempat aktivitas kerja dari karyawan. Sebuah kantor apapun itu baik kantor instansi pemerintahan, kantor organisasi dan kantor perusahaan sudah pasti memiliki aktivitas administrasi. Aktivitas administrasi ini biasanya sangat berkaitan dengan berkas-berkas. Selain itu kantor juga pasti memiliki barang-barang penting yang harus disimpan ditempat yang aman. Untuk itulah lemari sangat diperlukan. Lemari sudah lama dikenal sebagai tempat penyimpanan.

Anda bisa menyimpan berbagai jenis arsip, dokumen, dan juga barang-barang lainnya. Bukannya sebagai tempat penyimpanan namun adanya lemari juga menjaga keawetan dari arsip dan berkas itu sendiri karena berkas dan arsip terbuat dari kertas dan mudah lapuk. Kerapian dari arsip pun juga bisa diterapkan. Dengan banyaknya jumlah arsip yang ada maka lemari membantu untuk menyimpan arsip sesuai dengan kebutuhannya atau sesuai dengan tahunnya. Arsip yang rapi akan memudahkan kerja karyawan yang bertanggung jawab di bidang administrasi dan pengarsipan.

Saat ini kebutuhan akan lemari kantor sudah sangat mutlak. Setiap kantor bahkan di setiap ruangannya pasti memiliki lemari kantor. Lemari kantor biasanya didesain dengan bentuk yang terdiri dari banyak sekat dan ruang. Biasanya ukuran ruang tidak terlalu besar sebesar ukuran kertas A4 dan A3. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan arsip yang biasanya menggunakan kertas A3 atau A4. Lemari kantor dapat disusun bertingkat secara vertikal atau horizontal. Namun kebanyakan orang akan memilih desain vertikal untuk meminimalkan pemakaian ruangan. Tingginya pun bisa bervariasi tergantung dari kebutuhan kantor itu sendiri. Untuk beberapa kantor lemari arsip dibuat tinggi bahkan hingga menyentuh plafon bangunan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan ruangan. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat untuk penyimpan arsip-arsip lama dan jarang digunakan.

Sumber: Pinterest

Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan jika ingin membuat lemari kantor. Pertama sudah pasti adalah ukuran ruangan. Ukurlah luas kantor anda dan sesuaikan besarnya dengan furnitur yang lain. Pastikan ada ruang kosong sebagai tempat anda berjalan. Hal selanjutnya adalah sesuaikan dengan kebutuhan.  Jika arsip yang disimpan banyak dan ada tambahan barang-barang lain yang juga harus disimpan di dalam lemari maka buatlah lemari agak besar dan tinggi serta tambahkan sekat atau ambalan sesuai kebutuhan anda.

Agar lemari tidak kelihatan membosankan maka variasikan lemari dengan pintu dan tanpa pintu. Lemari yang tanpa pintu dapat berfungsi sebagai rak. Rak ini berguna apabila anda menyimpan barang dan arsip yang sering digunakan. Tanpa pintu dapat memudahkan anda untuk mengambilnya.  Lalu sebagian gunakan pintu sebagai tempat menyimpan arsip dan barang yang hanya anda saja yang dapat menggunakannya. Sebagai tambahan keamanan anda dapat menambahkan kunci sebagai cara untuk mengamankan arsip dan dokumen berharga.

Bagi sebagian kantor ada yang menggunakan lemari terbuat dari logam. Penggunaan logam ini dimaksudkan karena lebih aman dan tidak mudah dibongkar apabila ada pencurian. Selain itu penggunaan lemari berbahan logam juga melindungi dari api apabila terjadi kebakaran. Lemari logam digunakan untuk dokumen berharga dan aset-aset penting kantor. Namun dari segi estetika kurang menarik memang sehingga lemari ini banyak diletakkan di ruang khusus penyimpanan arsip.

Lemari yang terbuat dari kayu solid ataupun olahan banyak ditempatkan di ruang kantor depan atau kantor utama. Lemari kantor yang berbahan kayu solid atau pun olahan seperti multipleks/plywood mudah dibentuk. Selain itu hasil finishingnya juga bagus dan memperindah kantor. Untuk menambahkan kesan mewah dan elegan maka lemari kantor bisa didesain menggunakan kaca.  Ruangan yang sempit juga terasa luas apabila adanya kaca.

Pertumbuhan kota yang cukup pesat tentu juga menambah jumlah kantor yang ada terutama di Kota Pekanbaru. Sebagai kota yang juga terkenal dengan pusat bisnis dan ibukota Provinsi Riau. Ada banyak sekali kantor-kantor perusahaan dan instansi pemerintah. Kebutuhan akan lemari kantor cukup tinggi tentunya. Bagi anda yang membutuhkan lemari kantor maka saat ini tidak sulit. Anda dapat membeli lemari kantor yang sudah jadi di toko-toko mebel. Namun jika anda ingin menyesuaikan dengan ukuran kantor dan desain selera anda maka bisa memesan langsung kepada penyedia jasa tempat buat lemari kantor Pekanbaru.