Perhatikan hal ini sebelum anda memasang lampu dan penerangan di rumah anda!!!

Jika anda saat ini sedang memasang jaringan listrik di rumah atau akan mengganti lampu yang sudah rusak maka anda harus mempertimbangkan tips-tips berikut ini agar tidak keliru dalam memilih sistem penerangan di rumah.

Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut

  1. Indoor atau Outdoor

Posisi lampu juga ikut menentukan dalam pemilihan lampu penerangan. Lampu tersebut akan dipasang di dalam atau diluar ruangan. Lampu indoor memang sudah dirancang untuk di dalam ruangan saja. Sedangkan lampu outdoor di luar ruangan karena memang sudah di rancang di luar ruangan. Lampu outdoor memiliki desain yang tahan air sehingga tidak mudah rusak dan tahan terhadap perubahan kondisi lingkungan.

Dari segi harga juga berbeda, lampu indoor lebih murah daripada lampu outdoor. Hal ini mengingat bahwa lampu outdoor memiliki desain khusus yang kedap air.

  • Memperhatikan jenis lampu

Dalam memilih lampu anda harus mempertimbangkan banyak hal, mengingat lampu juga banyak jenisnya. Berikut ini jenis-jenis lampu.

  • Lampu Pijar

Lampu pijar juga disebut sebagai lampu bohlam. Lampu ini sudah sangat lama diproduksi. Bentuknya sedikit lonjong dan kacanya transparan. Lampu ini harganya murah sehingga jika anda ingin mengeluarkan sedikit biaya maka lampu pijar ini bisa menjadi pilihan. Namun lampu pijar memiliki beberapa kekurangan diantaranya, cahaya yang kurang nyaman di pandang, boros listrik, umur pemakaian pendek sekitar 1000 jam pakai.

  • Lampu Neon

Lampu neon ini disebut juga Tube Lamp/Flourescent, cahaya yang dihasilkan lebih nyaman dipandang tidak silau dan terang. Untuk umur pemakaian lampu cukup panjang bahkan ada yang berumur hingga 10000 jam. Lampu neon juga hemat energi dibandingkan dengan lampu neon. Namun lampu neon ini masih memiliki kekurangan seperti harganya yang lebih mahal dari lampu pijar, bentuknya panjang membutuhkan ruang pasang yang besar juga, komponen juga mudah rusak.

  • Lampu Hemat Energi

Lampu hemat ini menjadi primadona saat pertama kali kemunculannya karena dapat menutupi kekurangan dari lampu pijar dan lampu neon. Lampu ini berbentuk tabung seperti huruf U. Umurnya cukup panjang hingga 10000 jam pakai, cahaya yang dihasilkan juga nyaman dan harganya juga lebih murah daripada neon.

  • Lampu LED

LED merupakan singkatan Light – Emitting Diode. Lampu LED ini lampu jenis keluaran terbaru yang lebih baik teknologinya. Lampu LED ini memilki daya terang 4 kali lipat dari lampu bohlam. Jika LED berdaya 4 watt maka terang cahayanya sama dengan bohlam 25 watt.

Lampu ini dikenal sangat hemat pemakaian listrik anda. Walau harganya jauh lebih mahal tetapi manfaatnya jauh lebih banyak. Lampu ini memilki umur teknis yang lebih lama hingga 15000 jam. Jika anda memakai lampu ini selama 10 jam/ hari maka lampu ini akan bertahan hingga 4 tahun.

  • Harga

Diatas telah dijabarkan perbandingan berbagai jenis lampu termasuk mana yang mahal dan murah. Ada harga lampu yang lebih murah tetapi kualitas dan umur pakainya sehingga anda perlu mengganti lampu walau belum lama digunakan.

Lebih baik anda merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan lampu berkualitas dan tahan lama. Di samping itu lebih hemat energi.

  •  Merek lampu

Lampu pada hari ini sudah sangat banyak merk nya. Dari mulai yang berkualitas tingi hingga yang biasa saja. Namun satu hal yang anda harus pastikan lampu tersebut harus sudah berstandar SNI dan menawarkan garansi cukup lama.

  • Ukuran Watt Lampu

Menentukan ukuran watt juga harus mempertimbangkan ukuran dari ruangan di rumah anda. Masing-masing lampu memiliki tingkat pencahayaan yang berbeda dan itu tergantung juga pada besaran watt nya. Jadi ukur dahulu luas ruangan anda baru memilih ukuran watt yang tepat untuk ruangan anda.

About The Author

Related Posts