Jasa Tukang Bangunan Di Pekanbaru

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bagi setiap orang. Banyak cara untuk memiliki rumah saat ini. Anda dapat membangun sendiri diatas tanah yang sudah anda miliki juga tentunya. Cara lainnya adalah dengan membeli rumah yang dijual oleh pihak pengembang. Saat ini sudah sangat banyak sekali bermunculan pengusaha-pengusaha pengembang properti terutama perumahan. Jika anda belum mampu membeli rumah maka anda bisa menyewa terlebih dahulu sembari menabung untuk membeli rumah.

Bagi anda yang berkeinginan untuk membuat rumah sendiri dan merenovasi rumah anda maka jasa tukang bangunan sangatlah dibutuhkan. Dalam memilih tukang harus sangat berhati-hati dan jeli. Banyak tukang yang pekerjaannya bagus namun tidak sedikit juga tukang yang hasil kerjanya juga mengecewakan.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan anda memilih tukang bangunan. Berikut ini kami berikan tips-tips agar anda bisa memilih tukang bangunan yang baik.

Pengalaman yang Banyak

Pilihlah tukang berdasarkan pengalamannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman ada guru terbaik bagi siapapun termasuk bagi tukang bangunan.  Semakin banyak pengalaman yang dia miliki maka akan semakin baik pekerjaannya. Cari tahu tukang anda dengan bertanya kepada teman, tetangga dan keluarga.  Tanyakan sudah sebanyak apa pengalamannya.  Kalau perlu minta kepada tukang tersebut untuk menunjukkan rumah mana saja yang telah dibangun olehnya. Untuk lebih memastikan bahkan anda bisa bertanya kepada pemilik rumah bagaimana hasil kerjanya.  Hal ini dilakukan agar anda bisa melihat secara langsung hasil pekerjaannya.

Pastikan Ukuran Pekerjaan Besar Atau Kecil

Pekerjaan besar dan kecil juga menjadi pertimbangan dalam memilih tukang. Untuk pekerjaan besar maka gunakanlah jasa tukang dengan sistem borongan. Untuk pekerjaan kecil dan  sifatnya renovasi maka gunakanlah sistem harian.  Membangun rumah dari awal merupakan pekerjaan yang besar. Maka pilihan sistem borongan sangat cocok sekali. Anda bisa menargetkan waktu akhir penyelesaian proyek dan juga bisa mengestimasi biaya pembangunan.

Untuk pekerjaan kecil dan sedikit maka gunakanlah jasa tukang harian. Harian disini adalah anda menggaji tukang dengan menghitungnya per hari. Tergantung berapa gaji tukang harian di daerah tersebut. Untuk daerah Pekanbaru standar gaji tukang berkisar antar Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000 tergantung dari posisi tukangnya apakah sebagai tukang utama atau helper.

Mampu Memberikan Rekomendasi dan Pendapat

Tukang bangunan yang baik salah satu indikatornya mampu memberikan saran-saran dan masukan untuk anda yang ingin memakai jasanya.  Hal ini bisa t       Tukang bangunan yang baik salah satu indikatornya mampu memberikan saran-saran dan masukan untuk anda yang ingin memakai jasanya.  Hal ini bisa tampak saat anda berdiskusi dengan tukang tersebut. Biasanya tukang yang punya banyak pengalaman dan baik akan memberikan saran-saran tentang material yang digunakan, konsep konstruksi dan lainnya. Kelihatan sekali tukang tersebut ingin memberikan yang terbaik kepada konsumennya.  Tukang yang seperti ini juga cocok untuk anda terima.

Jika hal-hal diatas sudah anda pertimbangkan maka tahapan selanjutnya adalah anda berunding dengan tukang untuk menentukan manajemen proyek, lama  pekerjaan, bahan material yang dibutuhkan, model dan desain tentunya.

Anda harus menentukan target lama waktu pekerjaan kepada tukang setelah berdiskusi dengan tukang. Sesuaikan banyak pekerjaan dan lama pekerjaan. Lama pekerjaan juga akan menentukan banyak upah yang diterima tukang.  Jika anda memakai jasa borongan tenaga tukang beserta materialnya. Mintalah rincian estimasi biaya atau RAB dari tukang tersebut. Jika anda ingin menghemat sedikit gunakanlah jasa tukang saja. Untuk material anda yang menyiapkan sendiri sesuai dengan rekomendasi dan kebutuhan tukang.
Apabila kesepakatan telah tercapai dengan tukang hal terakahir yang sebaiknya anda lakukan adalah membuat surat kontrak.  Surat kontrak ditanda tangani dengan tukang atau kontraktor jika anda menggunakan jasa kontraktor. Di dalam kontrak berisi upah dari tukang tersebut sesuai dengan pekerjaanya, target waktu masing-masing pekerjaan hingga selesai, dan bahan material apa saja yang digunakan.  Agar lebih mengikat maka mintalah fotocopy KTP dari kepala tukang atau mandor.

Itulah beberapa tips yang dapat anda jadikan acuan untuk memilih tukang bangunan. Ingat, rumah adalah tempat yang anda tinggali dalam jangka waktu yang lama maka pastikan anda juga harus telaten membangun rumah anda. Kesalahan memilih tukang dapat berdampak buruk bila hasilnya tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Inilah tips cara memilih jasa tukang bangunan di  Pekanbaru.