Jasa Perbaikan dan Pasang Listrik Di Pekanbaru

Memasang dan memperbaiki instalasi listrik di rumah bukanlah perkara yang sepele. Memasang instalasi listrik di rumah memerlukan jasa dari orang yang sudah terampil di bidangnya. Selain bahaya dari listrik itu sendiri ada hal- hal lain yang harus anda ketahui.  Seperti kabel jenis apa yang harus digunakan, lalu sistem jaringannya.  Pilihlah penyedia jasa instalasi listrik yang sudah pengalaman dan portofolionya banyak. Selain itu juga sudah tersertifikasi .

Namun ketika anda sudah menggunakan jasa instalatir listrik anda tetap harus mengetahui sedikit banyak tentang listrik dan cara memasangnya. Hal ini dilakukan agar ketika instalasi listrik memberikan saran dan rekomendasi untuk listrik di rumah. Anda pun dapat menanggapinya. Terlebih lagi jika ada instalatir yang berniat tidak baik kepada anda dengan mengelabui material. Maka anda dapat mengetahuinya. Hal lain adalah anda bisa memastikan pemasangan jaringan listrik sudah sesuai standar dan sudah aman.

Misalnya disetiap rumah harus ada sistem grounding/ Arde. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua instalatir listrik yang memasang grounding ini, di samping menambah biaya juga ribet dalam instalasinya. Padahal grounding ini sangat penting. Grounding berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang bocor dari peralatan elektronik ke tanah  jika terjadi kebocoran daya. Termasuk ketika terjadi sambaran petir terjadi, perangkat elektronik yang terkena sambaran listrik dapat mengalirkan kelebihan arusnya ke tanah melalui jalur grounding tersebut.

Itu baru sedikit tentang hal yang perlu anda ketahui saat memasang jarigan listrik dirumah anda. Maka dari itu perlu sekali bagi anda untuk mengetahui sedikit banyak tentang instalasi jaringan listrik di rumah anda.

Hal pertama yang harus anda  lakukan adalah selektif dalam memilih jasa instalatir. Tidak semua jasa instalatir yang bagus saat memasang. Anda bisa mendapatkan jasa instalatir dengan bertanya kepada tetangga, sahabat dan keluarga. Temui langsung instalatirnya lalu tanyakan portofolio atau pengalamannya. Dimana instalatir tersebut pernah memasang jaringan listrik datangilah rumah itu dan tanya ke pemilik rumah hasil kerja instalatir tersebut memuaskan.

Cara lain untuk mengetahui tukang itu sudah profesional dengan menanyakan apakah dia sudah pernah mengikuti sertifikasi instalatir listrik dari Dinas Ketenagakerjaan atau dari instalasi lainnya. Disnaker dan beberapa instalasi juga memberikan pelatihan kepada orang-orang yang bekerja sebagai instalatir listrik. Mereka dilatih untuk menjadi profesional dan siap terjun ke lapangan.

Bila dirasa sudah cocok dengan instalatir tersebut, mulailah menghitung total biaya yang diperlukan. Harga masing-masing daerah berbeda. Harga pasaran daerah Pekanbaru adalah Rp. 150.000 –  Rp. 170.000 per titiknya. Bagi anda yang belum mengetahui per titik yaitu untuk satu titik saklar lampu/ satu MCB / satu stop kontak dihitung sebagai satu titik. Bila rumah anda memiliki setidaknya 5 saklar lampu, 4 stop kontak dan satu MCB, totalnya 10 titik. Cukup mengalikan 10 titik dengan harga per titiknya.

Biaya per titik sudah termasuk upah kerja instalatir dan material listrik yang digunakan di rumah anda. Tidak perlu memikirkan untuk membeli material lagi. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat instalatir listrik bekerja.

Pertama, perhatikanlah bahan dan material yang digunakannya. Material yang terbaik adalah yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia). Terkadang sebagian instalatir ingin mendapatkan keuntungan lebih besar sehingga menggunakan material yang tidak SNI karena harganya murah. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah pastikan instalatir juga menggunakan material yang sudah terkenal merknya berkualitas. Hal ini menjamin anda material anda aman saat digunakan terutama dalam jangka waktu panjang.

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah saat proses pemasangan kabel di atas plafon rumah. Dengan harga standar yang ditawarkan biasanya instalatir listrik memakai kabel jenis NYA. Kabel NYA ini berinti tunggal dan dilapisi oleh PVC. Lapisan isolasi kabel ini hanya satu lapis sehingga mudah cacat. Sehingga agar lebih aman maka kabel NYA dipasang di dalam pipa/ Conduit jenis PVC. Dengan adanya pipa/conduit ini kabel jadi terlindungi terutama dari gigitan tikus.

Oleh karena itu pastikanlah kabel NYA di rumah anda telah dipasang di dalam pelindung pipa PVC. Kabel dan pipa/conduit ini bisa bertahan hingga lebih dari 25 tahun. Bukan hanya menggunakan pipa/conduit. Penggunaan T Dus juga harus ada sebagai pelindung di titik persimpangan kabel yang disambung. T Dus digunakan saat ada 3 line kabel yang tersambungkan. Setelah semua instalasi dipasang maka cobalah untuk memastikan instalatir memasang arde/grounding. Demi keamanan peralatan elektronik dan rumah anda sebaiknya grounding harus dipasang.

Bukan hanya soal material dan kabel, kerapian dalam pemasangan stop kontak, saklar dan fitting lampu juga harus menjadi perhatian anda. Rumah anda sudah indah namun harus berkurang keindahannya karena ada pemasangan material listriknya tidak rapi.

Itulah tadi beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menggunakan jasa pasang listrik di rumah anda.  Jangan menyepelekan soal listrik karena tidak sedikit kebakaran dan hal buruk lainnya terjadi akibat listrik ini.