Jasa Interior Kampar

Jasa Interior Kampar 0823 47 900 800 | Kampar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang berjulukan Bumi Sarimadu. Awalnya, Kampar merupakan wilayah luas yang dilalui sungai besar, yakni Sungai Kampar. Menurut Wikipedia, Kabupaten yang beribukota di Bangkinang ini, sejumlah sejarawan menafsirkan Minanga Tamvan terkait Prasasti Kedukan Bukit bermakna pertemuan dua sungai dan disebutkan merupakan Sungai Kampar Kiri dan Sungai Kampar Kanan.

Kemudian, daerah yang juga dijuluki Negeri Serambi Mekah ini masuk ke dalam Provinsi Riau sesuai Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957, lalu setahun selanjutnya dikukuhkan melalui Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958.

Pembangunan di Kampar

Sejak dikukuhkan sebagai salah satu Kabupaten di Riau, Kampar terus mengalami perkembangan sangat pesat. Bahkan, Pemerintah Daerah Kampar menyerahkan sebagian wilayahnya demi perluasan Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau.

Mengenai pembangunan, Kampar hampir menyamai Pekanbaru dengan dibangunnya berbagai fasilitas umum, pertokoan, pasar tradisional, swalayan dan lain sebagainya. Selain bangunan dan fasilitas umum, pembangunan rumah-rumah sebagai hunian masyarakat setempat juga berjalan cepat serta didesain lebih modern.

Kendati sudah sangat modern, Kampar tetap mempertahankan bangunan tradisionalnya. Salah satunya Rumah Lontiok, sebagai rumah adat di Kampar yang masih bisa ditemukan di beberapa wilayah.

Arsitektur Rumah Lontiok Kampar

Dilalui dua sungai besar serta beberapa sungai kecil, ternyata turut mempengaruhi desain rumah khas di Kampar, yakni Rumah Lentik atau Lontiok hunian masyarakat Kampar dahulu yang berbentuk panggung.

Dinamakan Rumah Lontiok dikarenakan bentuk atapnya melengkung dan lentik. Dikarenakan dahulu Kampar dipimpin oleh raja yang memiliki hubungan dengan penguasa Minangkabau, maka bangunan tradisionalnya memiliki arsitektur mirip desain khas Minangkabau yang terlihat pada lengkungan atapnya seperti Rumah Gadang Minangkabau.

Berbentuk rumah panggung, hunian tradisional masyarakat Kampar ini memilki kolong yang sebelumnya berfungsi untuk melindungi penghuninya dari banjir dan gangguan hewan buas. Tak jarang pula kolong rumah ini dimanfaatkan sebagai tempat ternak.

Untuk kokoh dan kuat, hunian tradisional ini banyak menggunakan material berasal dari kayu keras serta tahan lama, seperti kayu kulim atau kayu punak. Material kayu juga digunakan pada dinding, lantai hingga jendelanya. Sedangkan pada bagian atap menggunakan ijuk yang terbuat dari daun nipah atau rumbia.

Biasanya. Bangunan yang termasuk dalam Warisan Budaya Tak Benda di tahun 2017 ini memiliki tiga ruangan sesuai pepatah Kampar, alam berkawan, alam bersamak, serta alam semalu.

Meski saat ini Kampar didominasi oleh bangunan bergaya modern dan kekinian, namun Rumat Lontiok sebagai hunian tradisional dahulu masih bisa ditemukan di sejumlah wilayah tersebut, seperti di Dusun Pulau Belimbing Desa Sipungguk, Kampar. Akan tetapi, fungsinya sebagai tempat ketika Suku Ocu, menggelar musyawarah.

Jasa Interior Kampar

Pembangunan yang sangat pesat di Kampar, ternyata turut mempengaruhi arsitektur rumah tradisional hingga desain interiornya ke arah lebih modern. Beberapa rumah di kabupaten tersebut bahkan menggunakan jasa interior untuk mendesain tata ruang bagian dalam huniannya.

Akan tetapi, dalam memilih jasa interior Kampar ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan patut menjadi pertimbangan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berpengalaman

Saat memutuskan menggunakan jasa interior Kampar, pengalaman menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk mengetahui baik atau tidak kinerjanya. Jasa interior Kampar yang berpengalaman tentunya akan menjadikan hunian memiliki interior dengan desain baik serta menarik. Untuk mengetahui pengalaman jasa interior Kampar, sebaiknya periksa portolofolionya.

  1. Layanan

Seperti penyedia jasa lainnya, layanan merupakan poin penting untuk diperhatikan saat memilih jasa interior Kampar. Perhatikan layanan-layanan yang disediakan jasa interior Kampar tersebut sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendesain interior hunian.

  1. Garansi

Banyaknya penyedia jasa interior Kampar, beberapa di antaranya sudah menyediakan garansi untuk konsumennya. Hal ini patut dipertimbangkan untuk memastikan bahwa material dari setiap komponen yang digunakan dalam mendesain interior hunian berkualitas.

Jasa interior Kampar bergaransi dapat menjadi pilihan ketika memilih jasa interior Kampar terbaik. Umumnya, garansi yang disediakan berlaku minimal sampai 6 bulan semenjak pengerjaan proyek desain interior rumah rampung.                                                                                                                                                                                 

Bagi Anda di Kampar yang saat ini bingung memilih jasa interior yang tepat maka MK Living adalah solusinya. Tentu saja MK Living memenuhi semua persyaratan dan pertimbangan Anda karena kami adalah pihak profesional dan berpengalaman. Sebagai jasa berpengalaman tentu akan memberikan hasil terbaik dan memuaskan untuk Anda.

Anda tidak hanya mempercayakan Jasa Interior Indragiri Hilir, MK Living dalam mendesain rumah nyaman dan Impian Anda saja, melainkan Anda juga bisa berdiskusi atau konsultasi terlebih dahulu dengan tim. MK Living juga menyediakan beberapa pilihan furniture dengan berbagai model dan kualitas sesuai kebutuhan Anda. Wujudkan hunian impian Anda bersama Jasa Interior Indragiri Hilir, MK Living