Solusi Untuk Menurunkan Biaya Tagihan Listrik Yang Membengkak

Listrik saat ini sudah menjadi sumber daya yang digunakan untuk mengoperasikan barang-barang elektronik di rumah anda. Kita tidak akan pernah lepas dari listrik dalam aktivitas sehari hari. Mulai dari memasak nasi, mencuci, setrika, menonton TV, dengar radio, dll.

Semakin banyak anda memakai peralatan elektronik maka tagihan anda juga akan semakin besar. Hal ini tentu membuat anda harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk membayar tagihan listrik. Namun anda dapat mengurangi besaran tagihan listrik anda dengan beberapa tips cerdas berikut ini.

  1. Mencabut Steker Alat Listrik yang Tidak Terpakai

Biasanya setelah anda menggunakan alat elektronik seperti TV atau kipas angin apakah anda mencabut stekernya dari stop kontak. Kebanyakan orang malas melakukannya. Padahal jika peralatan listrik ini sedang tidak digunakan sebaiknya cabut lah dan colokan kembali jika ingin menggunakannya.

Faktanya, alat listrik yang sedang tidak digunakan namun stekernya masih tetap tercolok ke stop kontak maka tetap akan mengkonsumsi daya listrik. Artinya anda harus membayar tagihan listrik untuk alat yang tidak anda gunakan. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencabut steker dan stop kontak saat anda tidak menggunakan alat-alat untuk menghemat pemakaian listrik anda.

  • Memilih Ukuran Alat Listrik Sesuai Kebutuhan

Melakukan efesiensi terhadap peralatan elektronik di rumah anda adalah hal yang dapat mengurangi tagihan listrik. Sesuaikanlah kebutuhan rumah anda dengan alat elektroniknya. Jika anda membeli kulkas maka pilihlah kulkas yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan anda. Jika anda hanya membutuhkan kulkas satu pintu maka jangan membeli kulkas yang dua pintu.. karena kulkas dua pintu tentu lebih besar dayanya.

Contoh lain adalah mesin cuci. Anda biasanya mencuci sebanyak 8 Kg pakaian. Namun anda memilih mesin cuci dengan kapasitas 12 kg. Hal ini tentu sebuah pemborosan saat anda menggunakan mesin cucinya. Daya yang dibutuhkan cukup tinggi untuk mencuci baju yang sedikit.

About The Author

Related Posts